Menerapkan prosedur kegiatan rapat (teleconference)


 Menerapkan prosedur kegiatan rapat (teleconference).

PERANGKAT TELECONFERENCE
Perangkat Teleconference merupakan alat untuk melakukan pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telephone atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Sistem telekomunikasi dapat mendukung teleconference karena menyediakan satu atau lebih dari berikut ini: audio, video, dan / atau layanan data oleh satu atau lebih berarti, seperti telepon, komputer , telegraf, teletip, radio, dan televisi.
Perangkat Teleconference termasuk alat untuk melakukan konferensi video.
Di Indonesia, terdapat beragai layanan untuk peralatan teleconference melalui telepon baik fixed maupun mobile (Audio Conference) yang mempunyai kemampuan untuk melayani percakapan sampai 30 pemanggil dalam satu konferensi. Jumlah peserta dapat diatur sesuai dengan keinginan penyelenggara konferensi. Sistem conference atau konferensi juga bisa dilengkapi dengan PIN (Personal Identification Number) sehingga menjamin kerahasiaan suatu konferensi dari pemanggil yang tidak diundang dalam telekonferensi atau teleconference tersebut.


JENIS JENIS PERANGKAT TELECONFERENCE
1. Audio Conference
Audio Conference adalah pertukaran informasi hanya melalui suara dengan medium panggilan telepon yang menghubungkan tiga atau lebih saluran telepon dalam waktu bersamaan. Audio Conference mempunyai kelebihan dibandingkan web conference dan video conference karena biaya yang relatif lebih murah. Biaya yang perlu dianggarkan untuk mengadakan audio conference hanya mencakup biaya pembelian unit telepon dan biaya percakapan jarak jauh yang dilakukan melalui telepon. Namun, kelemahan audio conference adalah hilangnya koneksi personal dalam bisnis ketika hanya suara kolega yang bisa terdengar. Lelucon dan ucapan dapat ditangkap bermakna beda saat pembicaraan dilakukan tanpa bisa melihat wajah dan ekspresi pembicara. Kelemahan lain yakni kualitas panggilan menjadi menurun saat pihak dari lokasi lain ditambahkan ke dalam percakapan telepon tersebut. Saat beberapa pihak terlibat dalam satu pembicaraan dalam satu panggilan secara bersamaan, maka kemungkinan pihak-pihak tersebut berbicara dalam satu waktu yang sama menjadi lebih besar. Konsekuensinya, satu sama lain tidak dapat menyampaikan gagasan dengan efektif.
2. Web Conference
Conference call kini bisa digunakan tergabung dengan web conference sebagai pelengkap, dimana presentasi atau dokumen dapat dibagi dan disebarluaskan melalui internet. Penggabungan ini memungkinkan penelepon yang terhubung dalam satu panggilan secara bersamaan dapat melihat isi dari dokumen tersebut, yakni laporan perusahaan, bagan penjualan, dan data perusahaan yang dipresentasikan oleh salah satu partisipan web conference. Keuntungan utama dari web conference adalah presenter dokumen dapat memberikan penjelasan mendetail mengenai suatu dokumen, sementara peserta web conference lain dapat secara serempak melihat dokumen presentasi tersebut. Dokumen yang dikirim lewat surat elektronik ini kemudian diapresiasi dengan analisis oleh para peserta dan respon dapat didiskusikan dengan cepat tanpa menunggu komunikasi yang dilakukan melalui surat elektronik atau panggilan telepon biasa. Web conference bisa dilakukan tanpa biaya. Keuntungan lainnya dalah web conference memungkinkan peserta telepon dapat mengetik atau berbicara dalam satu waktu bersamaan tanpa kemungkinan tidak didengar seperti yang terjadi pada audio conference. Hanya saja, web conference memiliki kelemahan serupa dengan audio conference, yakni sulit untuk menilai keseriusan atau humor seseorang dalam bentuk komentar yang diketik, juga tak ada kepribadian yang tergambar dalamnya. Selain itu, kendala mengenai teknologi juga memegang peranan signifikan. Bagi mereka yang tak biasa menggunakan teknologi, pemanfaatan web conferencemenjadi kurang efisien.
3. Video Conference
Video conference adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih yang berada di lokasi yang berbeda, menggunakan jaringan komputer dengan komunikasi Audio dan Video. Cara komunikasi ini merupakan kesempatan bagi para peserta untuk saling melihat dan mendengar dan memiliki banyak keuntungan dibandingkan hanya konferensi audio saja. Dengan kata lain, konferensi video adalah teknologi menggunakan video dan suara untuk menghubungkan peserta atau user yang berjauhan satu sama lain melalui internet, dimana seolah olah mereka berada di ruangan yang sama yang saling mengintregasi. Setiap pengguna dapat melihat dan mendengar satu salam lain secara real time, dan memungkinkan percakapan secara alami.
Video conference secara luas banyak digunakan di sektor industri. Banyak perusahaaan multinasional menggunakan video conference sebagai sarana berkomunikasi dengan mitra mereka di Negara yang berbeda. Sedangkan untuk usaha menengah, mereka menggunakan video conference untuk memungkinkan pelanggan dan pemasok dari berbagai Negara.Video conference juga sangat sangat menarik digunakan di dunia pendidikan (solusi e-learning) dan bisnis. Dengan menggunakan video conference serasa lebih dekat dengan sesame pengguna (tatap muka), sehingga akan menciptakan penghematan baya dan waktu. Banyak universitas telah mengadopsi video sebagai media untuk pengajaran, dan juga para pengusaha di seluruh dunia yang menggunakan video conference sebagai sarana untuk dapat tetap berhubungan dengan orang lain.Video conference adalah suatu bentuk komunikasi yang sangat berguna karena menghemat waktu dan biaya perjalanan bagi orang-orang. Video conference antara dua orang (point to point) atau antara banyak orang (multi point) . selain transmisi audio dan video antara orang-orang, video conference juga dapat berbagi dokumen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Pengolah Bahan Cetak (publisher)

MENERAPKAN PENGELOLAAN INFORMASI MELALUI WEBGLOW (BLOG)

MENGEVALUASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI PERKANTORAN